PEMAHAMAN HUKUM OLEH POLISI

LINTAS CAKRAWALA,- Dialektika diskusi com (Minggu 31/12/ 2023 ).

Perlu diingat ,implementasi dari prinsip Negara hukum adalah adalah proses penegakan hukum itu sendiri . Idealnya, penegakan harus bisa memenuhi Tiga nilai dasar dari hukum yakni nilai keadilan, nilai kepastian hukum dan nilai kemanfaatan. Tiga nilai tersebut dapat di wujudkan secara serasi dan seimbang.

Sistem peradilan Terpadu yang berintegritas saat ini masih menjadi wacana kerena memerlukan profesionalisme dan akuntatabilitas aparat penegak hukum. Hal ini menjadi sebuah kewajiban bagi Negara kita kerena indonesia merupakan Negara berdasarkan hukum (reshstaat) dan bukan Negara yang berdasarkan kekuasaan belana (machstaat). Dalam poin pembahasan ini saya ingin menekankan pada jajaran di tubuh Polri agar polda standarisasi profesionalisme dapat di ukur melalui 3 parameter penting ini, yakni : Well Motivation, Well Education, dan Well salary. Sehinggah Sistem Peradilan Pidana Terpadu yang kita cita- citakan dapat terselenggara dengan optimal. “Polisi yang baik berasal dari pemahaman terhadap penegakan hukum yang baik.” Dalam catatan yang saya kumpulkan berdasarkan laporan yg di berikan Polri melalui press release pengungkapan kasus dan jumlah uang yang yg di selamatkan terus meningkat dari sisi Kinerja Peran Polri pemberantasan dalam perkara Korupsi.

Artinya dapat di ambil kesimpulan Bahwa Lembaga Kepolisian di indonesia bisa saja suatu saat berada dalam lingkup kementrian tertentu kerena secara historis, filosofis , serta sosiologis terdapat argumentasi untuk melakukan hal tersebut.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started